ebook readers

Update sistem komputer secara offline dengan WSUS Offline Update

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dan mengoptimalkan sistem Windows adalah melakukan update sistem secara berkala sesuai dengan update yang disediakan oleh Microsoft. Update sistem windows ini sendiri bisa diatur melalui Automatic Updates dalam Control Panel. Jika komputer kita selalu terhubung dengan internet kita bisa memilih Automatic, dimana sistem akan segera melakukan update secara otomatis disaat ada update terbaru.
Bagaimana jika komputer kita tidak atau jarang terhubung dengan internet? Bisa saja kita melakukan update sekali waktu (saat terhubung dengan internet), tapi tentu saja proses update tersebut akan memakan waktu yang cukup lama, karena file update yang ada bisa ada banyak, belum lagi jika kita memiliki beberapa PC atau laptop.
Untuk membantu menyelesaikan permasalahan di atas, berikut ada software yang akan membantu kita melakukan proses update secara offline. Program tersebut adalah WSUS Offline Update, program ini berfungsi mendownload file-file update Windows dan menyimpannya dalam hard disk atau flash disk. File update yang tersimpan tadi bisa kita gunakan untuk mengupdate sistem windows di komputer atau laptop.
Jadi kita tidak perlu menghubungkan komputer atau laptop kita yang ingin kita update dengan internet, sebaliknya dengan WSUS Offline Update ini kita bisa mendownload file update melalui komputer lain (melalui warnet atau tempat lain yang memiliki koneksi internet cepat).
Penggunaan WSUS Offline Update ini sendiri cukup mudah, kita hanya perlu memilih file-file update yang kita perlukan sesuai dengan sistem Windows yang kita gunakan. Untuk mengcopy file update ke flashdisk, bisa dilakukan dengan memilih pilihan Copy updates for selected product info… pada bagian USB Stick dan tentukan folder tempat penyimpanannya (dalam contoh saya simpan dalam folder update), dan klik Start untuk memulai proses download. Pastikan juga kita memiliki ruang yang cukup di flashdisk yang kita gunakan untuk menyimpan update tersebut (dalam tes ini saya gunakan flashdisk kosong 1Gb).
Proses update ini sendiri tergantung pilihan update yang kita tentukan, semakin banyak yang kita pilih tentunya semakin lama pula proses downloadnya, untuk itu saya sarankan untuk menggunakan komputer yang memiliki koneksi internet cepat. File-file update ini sendiri secara otomatis akan tersimpan dalam folder client di folder utama program WSUS Offline Update dan akan tercopy juga di flashdisk sesuai dengan folder yang telah kita tentukan tadi.
Untuk selanjutnya kita sekarang tinggal melakukan update pada komputer kita sendiri dengan menjalankan file UpdateInstaller.exe. Dengan file update ini kita juga bisa melakukan update pada komputer atau laptop lain yang memiliki sistem sama dengan komputer kita (Windows XP, Vista, atau 7) tanpa harus menghubungkan komputer tersebut ke internet lagi.
Demikian temen-temen informasi tentang cara melakukan update sistem Windows secara offline dengan memanfaatkan WSUS Offline Update. Untuk mendownload software WSUS Offline Update dapat dilihat di Freeware.

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget
 
 
 

lain lain

tips SEO