ebook readers

Tes kecepatan koneksi internet dengan Auto Speed Tester

Menambah informasi tentang cara mengetahui kecepatan koneksi internet yang pernah saya tulis sebelumnya seperti Speedtest, Networx, Bitmeter, Rokario, dan software lainnya (Beberapa cara untuk mengetahui kecepatan koneksi internet), berikut ini ada sebuah program gratisan (freeware) lain yang memiliki fungsi sama, yaitu untuk mengetahui kecepatan koneksi internet. Software tersebut adalah JD’s Auto Speed Tester (JD = JackDinn’s).
JD’s Auto Speed Tester ini berfungsi untuk mengetahui kecepatan koneksi internet (download dan upload) secara berkala, karena kecepatan koneksi internet itu sendiri tidak selalu stabil pada kecepatan tertentu. Dengan JD’s Auto Speed Tester ini kita bisa melihat perubahan kecepatan koneksi internet kita, karena DJ’s Auto Speed Tester ini akan melakukan test kecepatan secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah kita tentukan.
Untuk bisa menggunakan JD’s Auto Speed Tester ini kita perlu melakukan mengkonfigurasi awal melalui menu Config’s. Pada bagian konfigurasi (JDast Configuration) ini kita masuk ke tab menu Download. Di sini kita menentukan dasar perhitungan kecepatan download, apakah menggunakan Measure Time (file yang digunakan untuk menguji ukurannya tetap, dan waktu yang menyesuaikan)  atau Measure Quantity (waktu yang digunakan tetap, dan bersar yang menyesuaikan waktu).
Dalam contoh saya menggunakan pilihan Measure Time dengan besaran file untuk tes adalah 1 MB. Untuk server yang akan kita gunakan sebagai patokan tes, bisa kita pilih sesuai dengan pilihan server yang telah disediakan (Main Test File URL), atau bisa juga kita menambahkan url tertentu dalam daftar yang ada melalui Edit Main Test File URL List (kemudian pilih Add). Setelah selesai klik tombol OK. Selanjutnya kita bisa melakukan tes kecepatan dengan menekan Run Test pada panel utama JD’s Auto Speed Tester dan tunggu hingga proses tes yang berjalan selesai.
Dalam contoh di atas, kecepatan koneksi internet saya adalah 45 Kb/s untuk download, 38 Kb/s untuk upload, ping time 272 ms, packet loss 1%, jitter 49 ms.
Seperti saya informasikan sebelumnya di atas, bahwa JD’s Auto Speed Tester ini akan melakukan tes secara berkala dalam waktu tertentu, dan waktu tes itu sendiri dapat kita atur melalui Cycle Time (dalam satuan menit) di bagian kanan atas panel utama. Dalam contoh saya isi dengan 10 (tes kecepatan akan dilakukan per 10 menit), hasil dari masing tes itu sendiri akan ditampilkan dalam grafik. Warna hijau menunjukkan kecepatan download, biru menunjukkan kecepatan upload, merah menunjukkan ping time, ungu untuk packet loss, dan kuning untuk jitter time (warna ini bisa diubah dan diatur kembali melalui Colour Picker dalam menu Graph View Options.
Dengan informasi yang tersedia dalam tabel dan grafik di atas kita bisa mengetahui perubahan kecepatan koneksi internet kita, dan dari sini kita juga bisa mengetahui kapan (jam berapa) kecepatan koneksi internet kita paling tinggi dan sebaliknya kapan koneksi internet kita paling lambat.
Demikian temen-temen informasi singkat tentang JD’s Auto Speed Tester. Untuk mendownload aplikasi ini bisa dilihat di Freeware.

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget
 
 
 

lain lain

tips SEO