ebook readers

Krubera, Goa Terdalam di Dunia

Goa Krubera (foto: palafne.blogspot.com)
Goa Krubera (foto: palafne.blogspot.com)
MEMACU adrenalin saat liburan merupakan tujuan sebagian pelancong. Jika Anda termasuk, maka coba saja berlibur ke Georgia. Karena di negara ini terdapat goa terdalam di dunia, yang dinamakan Goa Voronya atau lebih dikenal dengan Goa Krubera.

Goa tersebut berlokasi di Arabika massif, Caucacus Barat, Abkhazia, Georgia. Kedalaman gua ini mencapai 2.191 meter.

Perbedaan ketinggian pintu masuk goa dan titik terdalam adalah 2.191 20 meter (7.188 66 kaki). Goa ini dikenal sebagai Goa terdalam di dunia pada tahun 2001 ketika "The Expedition Of The Ukrainian Speleological Association" berhasil mencapai kedalaman 1.710 m (5.610 kaki) yang melebihi kedalaman Goa terdalam sebelumnya, Goa Lamprechtsofen, di Pegunungan Alpen Austria, dengan beda 80 m. Dan Pada tahun 2004, untuk pertama kalinya dalam sejarah ilmu pengetahuan Goa-Goa, ekspedisi Ukrainian Speleological Association berhasil mencapai kedalaman lebih dari 2.000 m, dan untuk pertama kalinya menjelajahi gua untuk -2.080 m.

Kedalaman maksimum saat ini adalah 2.191 m dan ini dicapai selama menyelam sekitar 46 menit oleh Gennadiiy Samokhin ke terminal bah pada masa periode ekspedisi Ukrainian Speleological Association bulan Agustus-September 2007. Goa ini adalah satu satunya goa yang dikenali di dunia yang mempunyai kedalaman lebih dari 2000meter.

"Goa Voronja" berarti "Goa Gagak" dalam bahasa Rusia. Nama ini digunakan sebagai nama gaul oleh ahli gua 'Kiev' pada tahun 1980 karena sejumlah gagak bersarang di lubang pintu masuk gua ini. Nama asli "Krubera" telah resmi dinamakan ke goa oleh ahli gua dari Georgia yang berhasil menjelajahi lubang masuk Goa ini pada tahun 1960. Nama Goa ini diberikan setelah Alexander Kruber menerima gelar sebagai geografis Rusia. Dan tentu setelah Kruber menerima gelar tersebut. Nama dia pun menjadi prioritas untuk Goa ini.Penamaan Goa Krubera. (dari berbagai sumber)
(uky)

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

 
 
 

lain lain

tips SEO