ebook readers

Peluang Bisnis Website

Peluang bisnis web saat ini masih menjanjikan. Indonesia dengan jumlah penduduk yang sangat banyak masih menyimpan potensi besar. Tidak hanya di kota-kota besar, bahkan di pelosok sekalipun mempunyai peluang untuk menawarkan pembuatan web. Sebut saja, saat ini banyak sekali UKM-UKM yang ada di pelosok ingin berhubungan dengan pasar global, desa-desa wisata yang membangun website, dan sebagainya. Hampir di mana saja mempunyai peluang bisnis pengembangan web.
Peluang bisnis web ini semakin semarak dengan adanya paket-paket pengembangan web yang instan seperti Joomla, Mambo, Typo, dan sebagainya. Paket-paket software ini menjanjikan pembuatan web yang sangat singkat. Bahkan untuk keperluan-keperluan standar, bisa dibilang inilah tool instannya. Tidak saja di bisnis delivery, sangat memungkinkan munculnya one night service di dunia pengembangan web. lni semua akibat dukungan software-software canggih pembuatan web.

Bagi (talon) client/pengguna jasa pengembangan web, perkembangan teknologi web juga membawa keberuntungan bagi mereka. Setidaknya, dari segi biaya ada perbedaan yang signifikan daripada tahun-tahun awal perkembangan web di Indonesia. Saat itu, harga pembuatan web bisa mencapai puluhan juta. Apalagi jika klien tersebut levelnya instansi, angkanya bisa lebih fantastis. Mereka pun tidak mempunyai banyak pilihan, sebab pemainnya belum sebanyak sekarang.
Dengan semakin terbuka dan kemudahan mengakses pengetahuan, bisnis web tidak hanya ekslusif untuk kalangan bermodal. Siapa saja dapat masuk ke dunia ini. Tidak peduli bermodal duit ataupun bermodal dengkul. Tidak peduli lulusan perguruan tinggi ataupun masih duduk di bangku sekolah. Siapa saja yang sanggup menawarkan solusi dan menyelesaikan proyek tersebut boleh masuk ke bisnis pengembangan web.
Semakin banyak pemain bisnis pengembang web, semakin banyak pilihan. Harga yang ditawarkan tentu sudah tidak dapat dikemudikan oleh golongan tertentu. Mekanisme pasar berjalan di sini. Tak heran, Anda akan mendapatkan ada pengembang web yang menawarkan dengan angka yang hanya ratusan ribu rupiah. Tapi jangan mengira meskipun murah hasilnya murahan. Sekali lagi, ketersediaan paket pengembangan web yang instan memungkinkan angka tersebut masih merupakan angka yang ‘masuk’. Terutama bagi mereka yang berjalan sebagai freelance.
Boleh jadi peluang bisnis web sebuah kesempatan sekaligus sebagai ancaman. Dengan siapa saja boleh bermain di area ini, membuat para pemain besar harus tetap waspada. Namun, bagaimanapun setiap area mempunyai aturan sendiri. Artinya, Anda harus memilih segmen pasar yang pas dengan kondisi Anda. Dengan menetapkan segmen pasar inilah yang membuat Anda bisa tetap eksis. Kemampuan Anda memahami segmen pasar yang Anda pilih akan memperkuat brand Anda. Ada segmen pasar yang tidak melulu melihat dari harga, tetapi lebih berdasarkan pada solusi.

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

 
 
 

lain lain

tips SEO