ebook readers

Transfusi Darah, 23 Anak India Terinfeksi HIV

Foto: Getty Images
Foto: Getty Images
NEW DELHI - Maksud hati ingin melakukan transfusi darah, 23 anak yang menderita penyakit genetik langka justru terinfeksi virus HIV. Insiden ini menggemparkan India.

Nasib malang dialami oleh 23 anak yang sedang dirawat di sebuah rumah sakit pemerintah di Distrik Junagadh, Provinsi Gujarat. Mereka yang melakukan transfusi darah diantara Januari hingga Agustus tahun ini, justru terinfeksi virus HIV yang mematikan.

Anak-anak ini sebelumnya dirawat karena menderita penyakit thalassemia, sebuah penyakit genetik yang mengharuskan dilakukannya transfusi darah secara reguler.

Tetapi, tidak disangka, ternyata darah yang ditransfusikan kepada anak-anak tersebut mengandung virus HIV yang menyebabkan AIDS. Tim dokter pun langsung diturunkan untuk menyelidiki peristiwa ini. Demikian diberitakan Daily Mail, Selasa (13/9/2011).

Menurut juru bicara pemerintah Provinsi Gujarat Jai Narayn Vyas, banyak dari anak-anak yang terinfeksi ini menerima transfusi dari lebih dari satu rumah sakit. 

Namun pihak orangtua dari anak-anak yang menjadi korban ini mengatakan, mereka menerima darah hanya dari rumah sakit pemerintah. 

Sebagian besar dari korban diketahui berasal dari keluarga miskin. Mereka seluruh menderita penyakit thalassemia. 

Penyakit ini menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi jumlah protein globulin. Akibat gangguan ini, tubuh dikabarkan tidak mampu membentuk darah dan menyebabkan anemia dan membutuhkan transfusi darah terus menerus.

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget
 
 
 

lain lain

tips SEO