ebook readers

Pulau Teraneh Di Muka Bumi

Pengetahuan yang satu ini memberi tahukan kita, pulau teraneh yang ada di muka bumi… Nama pulau ini adalah pulau socotra,
Socotra satview Pulau Teraneh Di Muka Bumi
Pulau yang berada di wilayah negara Yaman ini adalah pulau terpencil yang didiami sekitar 40.000 orang. Nama Socotra itu sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya ‘Pulau Kebahagiaan’.
Terus apa sih yang membuat gue kagum dengan pulau ini?! Kalau dilihat pantainya sih sekilas gak ada yang aneh. Pasir putih, batuan koral, air laut yang jernih, kayanya pantai-pantai di Indonesia juga gak kalah menarik dengan pantai di pulau Socotra. Tapi.. liat dulu deh pohon-pohon dan tanaman-tanaman yang ada di pulau ini.. Huaaaaaa, mantep gile…
Aneh banget! Berasa kaya liat tanaman dari planet lain! Nggak heran sih.. Karena banyak pohon dan tumbuhan di pulau ini termasuk dalam kategori flora endemis, yang artinya tidak akan pernah ditemukan di tempat lain di dunia selain di pulau Socotra. Bahkan ada beberapa varietas yang diprediksikan telah mencapai usia 20 juta tahun louh! Waoooo mantep coy…
Poon1 Pulau Teraneh Di Muka Bumi
Nah, ini yang pertama. Pohon dengan bentuk yang sangat aneh dan pastinya gak akan pernah kita temuin di halaman manapun atau daerah manapun, Namanya pohon Darah Naga atau dracaena cinnabari. Bentuknya aneh kan?! Mirip pesawat ruang angkasa atau mirip jamur kalau diliat dari atas. Pohon ini, oleh penduduk setempat, biasa dijadikan sumber obat ’segala macam’ jenis penyakit. Konon pohon ini juga dijadikan bahan untuk ritual sihir pada jaman abad pertengahan. Dan dapat dipastikan ini akan menjadi pohon favorit gue buat background foto kalau suatu saat nanti gue bisa ke Pulau Socotra.
poon3 Pulau Teraneh Di Muka Bumi
Pernah denger tentang tanaman adenium? Itu loh tanaman yang suka ada di pot-pot yang bentuknya kaya talas bogor tapi berbunga, kalo orang bilang kamboja jepang (bener yah?? em0100 Pulau Teraneh Di Muka Bumi ).. Nah, kalo Adenium biasa sih, kayanya kita udah sering liat. Tapi liat deh Adenium yang ada di pulau Socotra. Nama latinnya adenium obesium atau disebut juga Mawar Padang Pasir. Adenium jenis ini kayanya gak bakal muat deh kalo ditaro di pot. Gede banget Tapi hebatnya tanaman ini kayanya gak perlu tanah deh. cukup taroh aja di batu-batuan dan jadilah dia sebesar ini (gedeee banget)
poon4 Pulau Teraneh Di Muka Bumi
Kalo yang ini katanya, masih satu famili sama pohon ketimun. namanya Dendrosicyos Socotranum. Gue sendiri sih nggak pernah liat yang namanya pohon ketimun, tapi feeling gue mengatakan bahwa pohon ketimun di Indonesia akan terlihat jauh berbeda dari yang ini dan hanya ada di pulau Socotra karena ada nama socotranum (hehehe)…
poon5 Pulau Teraneh Di Muka Bumi
Sewaktu gue memperlihatkan gambar-gambar ini kepada salah seorang teman gue dan mengungkapkan keinginan untuk pergi ke Socotra, dia malah menganggap gue aneh. Karena buat dia tanaman-tanaman itu memberi efek rasa yang tidak menyenangkan. Semacam ‘geli’ katanya.
 bagaimana dengan artikel yang ini.. baca juga yah..

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget
 
 
 

lain lain

tips SEO