ebook readers

Aplikasi Pengingat Salat Gratis untuk BlackBerry

Bulan Ramadan memang sebentar lagi berakhir. Namun bukan berarti intensitas ibadah salat Anda harus menurun di bulan selain Ramadan. Agar tidak terlupa waktu salat, silakan download aplikasi gratis pengingat salat untuk BlackBerry Anda di bawah ini:

Prayer Time
Aplikasi ini memerlukan memori bebas yang terbilang kecil. Hanya dengan 43KB Anda bisa mengatur waktu salat sesuai dengan lokasi (tersedia informasi untuk ratusan negara). Sesuai dengan labelnya, aplikasi Prayer Time hanya menyuguhkan informasi waktu salat dengan alarm pengingat tanpa kumandang azan. Tetapi nilai lebih aplikasi ini terletak pada informasi lain berupa arah kiblat dan jarak kiblat dari lokasi Anda berpijak.

Download aplikasi Prayer Times dengan scan QR Code dari Appworld di desktop atau langsung ketik “Prayer Times” langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry.

Prayer Adhan
Sesuai namanya, aplikasi Prayer Adhan memang akan mengumandangkan azan ketika masuk waktu salat. Anda tidak harus mengatur lokasi sebab aplikasi ini mengatur waktu salat berdasarkan GPS.

Aplikasi yang dikeluarkan bulan Maret 2011 lalu ini memang membutuhkan memori bebas yang jauh lebih besar dibandingkan aplikasi Prayer Time, yaitu 1019 KB. Tetapi walau demikian, aplikasi ini akan sangat berguna bagi para pejalan dengan tidak selalu bisa mengatur lokasi untuk mendapatkan waktu salat secara langsung.

Untuk mendownload aplikasi Prayer Adhan, bisa dilakukan dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau ketik “Prayer Adhan” langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

Pray Time
Jika dua aplikasi di atas terbilang global, aplikasi Pray Time lebih spesifik. Aplikasi karya anak negeri ini dibuat khusus hanya untuk pengguna Blackberry Playbook. Lokalisasi waktu juga hanya terbatas untuk kota-kota di Indonesia saja. Tampilan informasi waktu salat termasuk imsak dihadirkan dalam periode bulanan.

Data jadwal salat didapatkan oleh sang pembuat aplikasi bersumber dari website PKPU. Aplikasi Pray Time bisa berjalan tanpa membutuhkan koneksi Internet. Dalam Prayer Time, Anda juga akan mendapatkan alarm pengingat waktu salat, tetapi masih belum diketahui apakah pengingat tersebut dalam bentuh azan atau alarm biasa.

Sayangnya, aplikasi ini terbilang sangat spesifik dengan kebutuhan memori yang cukup besar.

Untuk mendownload aplikasi Pray Time, bisa dilakukan dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau ketik “Pray Time” langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

SalatMK
Aplikasi SalatMK terpilih menjadi semi finalis dalam ajang kompetisi BlackBerry Partners Fund Super Apps Developer Challenge 2010. Walaupun diikutkan dalam ajang 2010, tetapi aplikasi ini baru mampir ke Appworld di bulan Mei 2011.

Aplikasi SalatMK tidak hanya khusus menghadirkan informasi waktu salat, tetapi juga arah kiblat dengan deteksi lokasi otomatis (tanpa input lokasi manual) dari fitur GPS. Agar akurat, kalkulasi lokasi bisa menggunakan 4 cara, yaitu Cell Tower, GPS Assisted, GPS dan Manual.

Fitur yang dihadirkan dalam aplikasi SalatMK antara lain :
- Pengingat salat wajib 5 waktu dengan pilihan alarm azan atau hanya getar.
- Kalender Hijriah dengan notifikasi hari besar Islam.
- Pilihan jenis azan lebih dari satu.

Aplikasi yang tersedia untuk Blackberry (dengan minimum OS 4.5) ini membutuhkan memori yang terbilang menengah untuk beragam fasilitas yang ditawarkan, yaitu 608Kb.

Download aplikasi SalatMK dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau ketik “salatMK” langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

Islamic Contents
Jika aplikasi SalatMK menghadirkan kalender hijriah dan penunjuk kiblat sebagai fitur pelengkap pengingat salat, maka Islamic Content menghadirkan fitur yang lebih lengkap lagi. Aplikasi Islamic Content membungkus beragam konten islami di dalamnya.

Tidak hanya menghadirkan fitur pengingat waktu salat dan pencari arah kiblat, tetapi juga konten islami lain seperti kalender islami, zikir harian, penunjuk lokasi masjid, kalkulator zakat, salawat, berbagai doa dan niat, serta Quran digital. Lengkap bukan?

Download aplikasi Islamic Contents dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau ketik “Islamic Contents” langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

Teman Ibadah
Aplikasi yang satu ini juga buatan anak negeri. Walau isi aplikasi menggunakan bahasa Inggris, tetapi aplikasi karya 7Langit ini menyuguhkan beragam fitur yang penting untuk pengguna Blackberry di Indonesia, mengingat beberapa fasilitas spesifik untuk Indonesia. Fitur yang dihadirkan dalam aplikasi Teman Ibadah antara lain :
• Dengan menggandeng Alifmagz.com, aplikasi Teman Ibadah menyuguhkan informasi seputar Quote of the Day, kisah religi (Hikayat), Doa Harian, Kisah Harian, serta tanya jawab seputar masalah Islam.
• Memberikan informasi lokasi masjid/musholla terdekat. Dengan database lokasi 15.000 masjid/musholla di seluruh Indonesia.
• Menghadirkan informasi mudik.
• Bisa digunakan untuk menyimpan jadwal aktifitas islami dengan terhubung ke aplikasi BlackBerry® calendar.
• Menghadirkan Digital Wirid. Dengan mengaktifkan fasilitas ini, Anda hanya cukup menekan trackball atau trackpad untuk menghitung wirid sebagaimana fungsi alat wirid digital atau penghitung wirid manual yang biasa disebut tasbih.
• Menghadirkan jadwal imsakiyah.
• Menghadirkan jadwal waktu salat sesuai waktu salat di kota Anda.
• Qur’an digital.
• Untuk yang hobi narsis dan ingin selalu eksis, Anda bisa mempublikasikan kegiatan islami atau batas pembacaan Al Qur’an yang telah atau sedang Anda lakukan langsung ke Twitter dan Facebook.

Download aplikasi Teman Ibadah dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau ketik keyword ‘Teman Ibadah’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

Islamic Pocket Guide
Aplikasi karya Veelabs ini juga memang bukan aplikasi baru yang bertandang ke Appworld. Aplikasi yang juga karya anak negri ini menghadirkan satu paket informasi yang dibutuhkan oleh umat Islam seperti yang disuguhkan oleh aplikasi Teman Ibadah. Hanya saja perbedaannya, Islamic Pocket Guide menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya. Aplikasi yang membutuhkan memori sebesar 955KB ini menyuguhkan rangkaian fitur antara lain:

- Pengingat waktu salat dengan pilihan alarm Suara azan versi full, suara manusia, ringtone, dll.
- Penunjuk arah kiblat dengan pencarian arah yang cepat dan akurasi lokasi dengan LBS dan GPS Technology.
- Berbagi tulisan tentang islam ke pengguna aplikasi lain yang tergabung dalam IPG Community.
- Aplikasi yang tidak boros baterai.
- Jadwal salat termasuk imsak sesuai lokasi.
- Perhitungan mundur sebelum masuk waktu salat.

Download aplikasi Islamic Pocket Guide dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau ketik “Islamic Pocket Guide” langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

Kristian Tjahjono, kontributor situs teknologi konsumen yangcanggih.com. Antusias terhadap berbagai jenis gadget, mulai dari komputer, ponsel, sampai kamera digital.

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

 
 
 

lain lain

tips SEO