ebook readers

3 Model Mengenai Bagaimana Internet Menghasilkan Uang



Masih dalam topik dasar mengenai internet. Topik kali ini adalah topik yang sudah sering kita dengar namun tetap banyak dipertanyakan:
Bagaimana sih kita bisa menghasilkan uang melalui internet?
Ada banyak istilah untuk menghasilkan uang melalui internet: Make money online, Monetization, Online Business, dan berbagai istilah lainnya. Metoda untuk menghasilkan uang melalui internet pun ada demikian banyaknya. Namun jika kita runut dan analisa, pada dasarnya hanya ada tiga model dalam menghasilkan uang melalui internet:

Model 1: Menjual Sesuatu

Konsep dasar penjualan:

  1. penawaran
  2. pengunjung merespons penawaran
  3. Kalau pengunjung memutuskan untuk membeli, terjadi transaksi
  4. Terdapat margin antara harga pokok produk dan harga jual dari setiap transaksi. Setelah dipotong biaya operasional, itulah keuntungan anda.
Hal ini sudah sangat lazim kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh sederhana: minimarket. Minimarket men-display barang yang dijual, pelanggan masuk ke minimarket, jika pelanggan menemukan bahwa kebutuhan mereka di tawarkan (dijual) oleh minimarket tersebut, pelanggan membeli di minimarket tersebut.
Hal serupa terjadi di internet:
  1. Pertama kita memiliki satu hal yang bisa dijual: entah barang berupa ebook, buku, t-shirt, software, atau mungkin kemampuan/skill seperti webdesign, content-writing, dll.
  2. Langkah selanjutnya adalah menginformasikan penawaran kita atas ‘produk’ yang kita jual: bisa dengan membuat website (gratisan atau secara professional), satu halaman penawaran, melalui tulisan di blog, memanfaatkan multiply, dll.
  3. Jika ada pengunjung yang datang dan memutuskan untuk membeli, pengunjung mengontak penjual (via sistem checkout, via Y!M, via email, atau apapun modelnya), dan dilakukan transaksi. Uang di transfer, dan barang yang dijual pun dikirimkan oleh penjual ke pembeli.

Model 2: Promosi

Yang dimaksudkan dengan promosi adalah, mereferensikan “produk” orang lain melalui sumberdaya online (website, blog, newsletter, dll) yang kita miliki. Produk yang kita referensikan bisa berupa barang orang lain yang dijual, website orang lain, dll. Metoda referensinya pun bisa beragam: bisa kita mereferensikan “produk” orang lain tersebut melalui banner yang kita pasang, melalui link berbayar, text-link-ads, link affiliate, PPC, paid review, dll. Kita mendapat bayaran dari mereferensikan produk tersebut.
Intinya, jika kita mereferensikan sesuatu yang bukan milik kita kepada pengunjung sumber daya online kita (website, blog, newsletter, twitter follower, dll) dan kita dibayar untuk itu, itu promosi.
NOTE: kalau kita mereferensikan sesuatu yang bukan milik kita kepanda pengunjung sumberdaya online kita dan tidak dibayar untuk itu, kira-kira definisi yang tepat apa y? Promosi yang Ikhlas mungkin? :P

Model 3: Jasa / Layanan Berbayar

Yang dimaksud dengan Jasa / Layanan Berbayar : Kita memiliki jasa / layanan yang dijalankan melalui internet, dan pengguna perlu membayar untuk itu.
Contohnya: Kursus blogging blogmastermind oleh Yaro Starak. Untuk mengakses materi kursus, anda harus membayar sejumlah biaya. Itulah layanan / Jasa berbayar.
Contoh lain: CrazyEgg, Flickr Pro Account, UserVoice versi berbayar, Paypal (mereka menarik $1,5 dari request check from paypal. Well, itu berbayar kan? :P ), kursus internet marketing, dll.
Itu dia 3 model dasar mengenai cara internet menghasilkan uang. Bagaimana pendapat anda? ;)

P.S.

Hal penting untuk di ketahui: i haven’t been an expert yet. Jadi untuk anda yang expert di bidang ini, masukan membangun anda mengenai hal apa yang sebaiknya turut dicantumkan atau tidak dicantumkan sangat berarti untuk bloggingly. :)
Yang belum expert juga tidak apa-apa kok. Mari berdiskusi! :D
Enjoy! :D

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget
 
 
 

lain lain

tips SEO