ebook readers

cara meningkatkan frekuensi crawl search engine

Sebuah blog tidak akan pernah bisa muncul pada SERP apabila spider bot tidak mengunjungi blog kita untuk melakukan crawl blog. Begitu pula pada blog yang pernah terindex search engine, bagiaman jadinya jika blog terlambat di crawl oleh spider search engine ini, bagaimana dengan nasib posting yang baru saja kita publish ? Bagaimana pula bila proses crawl hanya terjadi 1 bulan sekali ? Jika hal ini terjadi maka hal yang paling merugikan akan terjadi . Blog atau posting yang baru dipublish tidak akan cepat terindex search engine dan impian kita untuk menampilkan blog ke dalam halaman pencarian search engine akan terhambat dalam waktu yang lama.
Untuk menghindari hal – hal yang merugikan sebaiknya kita upayakan langkah – langkah apa yang harus kita lakukan agar frekuensi crawl search engine besar semacam google yahoo dan bing menjadi lebih meningkat ..


Berikut beberapa cara yang lazim digunakan dalam meningkatkan frekuensi crawl search engine google, yahoo serta bing :

1. Buat posting baru.

Semua search engine baik google, yahoo maupun bing lebih suka mengcrawl postingan baru untuk itu kita sebaiknya usahakan mempublish posting baru agar search engine ini terpancing mengunjungi blog kita. Minimal posting yang baik adalah 2 kali seminggu.
Catatan : jangan mempublishkan banyak posting baru dalam sehari karena bisa - bisa search engine akan menganggap kita melakukan spam.

2. Update posting lama.

Bila kita tidak sempat membuat posting baru di blog, kmaka alternative lainya adalah melakukan update pada posting lama kita agar nampak fresh dimata search engine google, yahoo dan bing… Updating bisa kita lakukan dengan cara menambahkan atau merubah kalimat dalam posting, gambar yang disertai atribut alt, maupun link yang memiliki anchor text.

3. Buat Posting teratur.

Meskipun kita telah membuat posting baru dan melakukan update pada posting lama belum tentu spider bot search engine akan mengcrawl blog kita. Sebaiknya kita lakukan kesemuanya dengan teratur. Ada baiknya pula bila kita membuat jadwalnya misal saja memposting 2 hari sekali agar blog kita memperoleh kunjungan rutin dari spider bot.
Bila blog kita berhasil mendapatkan kunjungan rutin maka setiap membuat postingan baru, blog kita akan memiliki kesempatan menjadi prioritas utama dalam pengcrawlan search engine sehingga indexing blog akan lebih cepat.

4. Memperkecil ukuran halaman.

Ukuran halaman yang terlalu besar dapat menghambat crawl spider bot sekaligus bisa menghentikan proses crawlnya karena lamanya perayapan spider bot. Untuk mencegahnya sebaiknya kita usahakan ukuran halaman.

5. Mempercepat loading.

Kecepatan loading blog kita juga mempengaruhi frekuensi crawl blog. Bagaimana tidak, ketika blog kita mendapat kesempatan dikunjungi spider search engine terjadi respon blog yang kurang bagus misal saja loading blog yang berat. Maka hal ini dapat membuat blog kita ditinggalkan spider bot sebelum melakukan crawling pada blog. Sama halnya dengan kejadian dimana tidak sedikit pengunjung yang pergi meninggalkan blog kita sebelum sempat membaca isi dari postingan blog saat kecepatan akses blog kita lambat.

6. Validasi template blog.

Template blog yang telah tervalidasi memiliki kemudahan di akses oleh semua spider bot baik yang dari search engine google, yahoo ataupun bing. Karena itu sebaiknya pemilihan template kita jatuhkan pada template yang telah tervalidasi. Bila kita tidak mendapatkan template yang lulus validator tool sebaiknya kita gunakan template yang memiliki sedikit error line agar kendala pengcrawlingan tidak terlalu besar.

7. Submit sitemap di Webmaster Tool.

Dengan mensubmit atau mendaftar sitemap blog di webmaster tool google, bing dan yahoo, kita akan menemui peningkatan frekuensi crawl blog. Bila ada sahabat yang belum sempat mensubmit sitemap di yahoo dan search engine lainnya maka sempatkanlah untuk melakukannya agar kita memperoleh hasil yang maksimal.

8. Mendapatkan backlink.

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam upaya meningkatkan frekuensi crawl blog adalah mendapatkan beberapa backlink dari situs lain yang sering disinggahi spider bot. Jika kita berhasil maka ada kemungkinan blog akan mendapat kunjungan saat spider bot mengcrawl situs yang kita sisipi backlink blog tersebut.

Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

 
 
 

lain lain

tips SEO